Profil

 

SliderImage2

 

Program Studi Teknik Mesin menerapkan Kurikulum Berbasis KKNI. Proses pembelajaran didukung oleh tersedianya sejumlah dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 baik lulusan dalam maupun luar negeri. Selain itu, proses pembelajaran juga didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana yang representatif seperti ruang kuliah, laboratorium, ruang seminar, ruang perpustakaan dan ruang dosen bersama dan lain-lain. Seiring dengan dibentuknya Tim Penjaminan Mutu Fakultas Teknik, maka secara periodik dan berkelanjutan dilakukan audit mutu internal.

Program Studi Teknik Mesin Untirta menganut asas kejujuran dan keterbukaan yang berasaskan pada Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana tercantum dalam statuta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Program Studi Teknik Mesin didirikan untuk ikut  berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun kepedulian terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan industri melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2000, Program Studi Teknik Mesin mengalami perubahan status dari status diakui menjadi terakreditasi BAN-PT dengan peringkat C berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 004/BAN-PT/Ak-IV/IV/2000 dan dilakukan akreditasi kembali pada tahun 2005 dan mendapatkan peringkat B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-IX/VII/2005. Masih pada tahun yang sama, Program Studi Teknik Mesin melakukan evaluasi relevansi kurikulum 2001 yang telah diberlakukan selama 5 (lima) tahun terhadap kesesuaian kebutuhan dunia kerja 5 (lima) tahun ke depan, dan dihasilkan kurikulum 2005 dengan total 145 SKS. Pada tahun 2009, kembali dilakukan evaluasi relevansi kurikulum 2005 dan dihasilkan kurikulum 2009 total 146 SKS dengan konsep praktikum terintegrasi maupun terpisah dari mata kuliah dengan SKS tersendiri. Pada kurikulum 2009 ini, lebih difokuskan pada konsentrasi peminatan konstruksi &  disain struktur, konversi energi dan mekanika material & manufaktur. Pada Tahun 2011, Jurusan Teknik Mesin reakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan BAN-PT No.013/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011.

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment